Cara Mendapatkan Uang di YouTube

Nikmati Cara Mendapatkan Uang di YouTube dengan 5 Fitur Monetisasi Ini

Cara Mendapatkan Uang di YouTube – Bukan rahasia lagi bila YouTube menjadi tempat penghasil uang yang besar dan mudah. Karena hanya dengan ide kreatif, kemampuan tampil di depan kamera, dan edit video saja, sudah mampu membuat seseorang terkenal. Apalagi di Indonesia mayoritas anak mudanya lebih suka berselancar di YouTube daripada menonton televisi. Hal ini tentu akan semakin memperlebar jalan untuk jadi YouTuber sukses.

Cara Mendapatkan Uang di YouTube

Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara mendapatkan uang di YouTube? Yap, yang pertama adalah bergabung denganĀ  YouTube Partner Program. Ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa lolos, yaitu channel YouTube harus sudah punya 1.000 subscribers dan 4.000 jam tontonan dalam setahun terakhir.

Berat, ya? Akan tetapi, sepadan dengan fitur monetisasi yang akan di dapat. Nah, supaya membuatmu semakin semangat untuk upgrade channel, di bawah ini ada penjelasan tentang 5 fitur monetisasi yang bisa digunakan sebagai cara mendapatkan uang di YouTube.

  • Advertising reveneu

Untuk fitur yang satu ini kamu pasti sudah tak asing lagi, advertising reveneu atau pendapatan melalui iklan. Setiap orang yang memulai YouTube pasti sangat ingin channel-nya bisa menayangkan iklan. Persyaratan lain yang perlu diperhatikan untuk bisa menikmati fitur ini yaitu usia harus 18 tahun ke atas. Jika belum cukup umur, kamu perlu ada wali sah untuk menangani pembayaran di AdSense nanti.

  • Channel Memberships

Kalau fitur yang ini memberikan pemasukan dengan cara penonton membayar untuk bergabung menjadi member. Mereka yang bergabung akan mendapat benefit berupa badge, emoji, atau konten yang dibagikan khusus member. Namun, untuk bisa menggunakan fitur ini ada syarat tambahan yang harus dipenuhi yaitu harus memiliki 30.000 subscribers.

Selain itu, konten yang dibuat untuk anak-anak, dan channel yang punya banyak video bermasalah tidak dapat menggunakannya. Jadi, jika kamu berencana untuk menggunakan fitur ini, persiapkan konten yang cocok, ya. Misalnya edukasi bahasa Inggris, tutorial reparasi kipas angin, atau make over baju bekas.

  • Merchandise Shelf

Dengan fitur Merchandise Shelf, YouTuber bisa menjual barang resmi buatan sendiri maupun brand yang berkolaborasi dengannya. Syarat lain untuk bisa menggunakan fitur ini harus punya 10.000 subscribers dan jika itu channel tentang musik, maka harus milik penyanyi yang asli. Nah, dengan menggunakan fitur ini pendapatan dari YouTube tentu akan semakin bertambah, bukan?

Baca juga 7 Konten Low Budget, Tapi Jelas Menghasilkan Uang Dari Youtube

  • Super Chat dan Super Stickers

Fitur ini berguna saat sesi live streaming. Penonton dapat membeli Super Chat untuk membuat chat-nya tetap bertahan di feed atas, sedangkan Super Stickers, ya, berguna untuk mengirim stiker animasi. Di fitur ini tidak ada persyaratan khusus harus mencapai berapa subscriber lagi.

Sebenarnya ini cukup menggiurkan, karena satu Super Chat saja dibanderol kurang lebih 5 dolar Amerika. Sayangnya hal ini tidak bisa dimanfaatkan oleh YouTuber Indonesia, sebab belum termasuk negara yang ada dalam daftar ketersediaan.

  • YouTube Premium Revenue

YouTube Premium Revenue, dari fitur ini kamu tak perlu melakukan apa-apa. Karena jika penonton kontenmu menggunakan YouTube Premium, maka secara otomatis uang yang dia bayarkan sebagian akan dibagi denganmu sebagai ganti dari penayangan iklan.

Jadi, kamu tak usah khawatir dengan mereka yang menggunakan YouTube Premium. Karena fitur tersebut dibuat oleh pihak YouTube demi mengatasi keluhan mereka yang ingin menonton tanpa terganggu iklan.

Nah, itulah lima fitur monetisasi yang bisa digunakan sebagai cara mendapatkan uang di YouTube. Ayo, semangat upgrade dan manfaatkan fitur ini!

Baca juga Step by Step, Ini 5 Cara Mendapatkan Uang dengan Mudah dari Youtube

Tinggalkan Balasan