kursus bahasa inggris

Belajar Tanpa Ikut Kursus Bahasa Inggris, Efektif Nggak Sih?

Super sibuk dan nggak punya waktu untuk ikut kursus Bahasa Inggris? Mungkin kamu lebih memilih untuk belajar di rumah, atau otodidak.

Yap, banyak orang yang merasa kalau buat belajar Bahasa Inggris itu nggak perlu kursus. Kamu bisa menggunakan berbagai cara online gratis, cuman dengan modal kuota internet aja. Tapi, sebenernya efektif nggak sih kalau belajar tanpa kursus?

kursus Bahasa Inggris

Bisa sih menguasai Bahasa Inggris tanpa kursus? Bisa!

Tapi hasilnya, apakah bisa efektif seperti kursus? Tentu masih lebih efektif kalau kamu kursus.

Kalau otodidak atau belajar di rumah, kamu harus benar-benar latihan intens. Mulai dari belajar kuis, banyak baca, banyak dengerin video, dan masih banyak lagi. Sayangnya, kamu nggak ada tutor atau partner untuk gali potensi kemampuan kamu.

Ikut Kursus Bahasa Inggris Bikin Belajar Lebih Terarah

Kalau kamu belajar secara otodidak, kamu nggak bisa menemukan berbagai manfaat ikut kursus Bahasa Inggris.

Contohnya, belajar di rumah, sendiri itu nggak terarah. Berbeda dengan belajar di tempat kursus. Seluruh materi sudah diatur disitu. Ada indikator dan rencana materi yang akan disampaikan. Jadi, semua bener-bener sudah sesuai target pencapaian dan seesuai yang kamu butuhkan.

Ikut Kursus Bahasa Inggris Itu Nggak Mahal

Mahal itu relatif. Jadi, tergantung apa sih yang kamu dapatkan begitu belajar di tempat kursus tersebut. Misalnya nih, kamu mungkin harus mengeluarkan biaya ratusan ribu atau bisa jutaan rupiah buat bayar kursus. 

Harga itu terbilang relatif loh kamu kamu akhirnya bisa belajar secara intens, tinggal di asrama dengan tutor yang 24 jam stay disitu. Kelasnya juga intensif yang bikin kamu bisa speaking dalam hitungan bulan, misalnya.

Jadi, outputnya bener-bener ada walaupun kamu harus bayar dengan biaya segitu. Sama sekali nggak rugi karena emang itu adalah ilmu yang kamu dapet.

Ada Native Speaker

Ini dia nih yang paling ditunggu dan jadi alasan kenapa belajar di tempat kursus itu bisa lebih efektif ketimbang otodidak.

Iya sih, kamu bisa belajar di rumah dengan lihat berbagai video di YouTube gimana native speaker lagi ngomong. Banyak juga native speaker yang bikin kamu bisa nambah ilmu dari berbagai konten video yang mereka buat.

Tapi, sudah efektifkah itu?

Belum.

Kamu cuman melihat mereka dari layar. Berbeda sensasinya dengan menghadapi native speaker langsung, apalagi di kelas dan jadi tutor. Kamu bisa bebas langsung bertanya, atau curhat gimana biar bisa meningkatkan skill kamu.

Karena Bayar, Jadinya Harus Lebih Semangat!

Kursus itu nggak mahal. Tapi, karena kamu harus mengeluarkan biaya untuk menikmati pelajarannya, jadikan ini cambuk semangat!

Apalagi, buat kamu yang susah payah nabung. Misalnya, biar bisa manfaatkan waktu luang untuk langsung cari tempat kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris. Kamu keluarin biaya, juga harus jauh dari daerah tempat tinggal. Semua itu bisa jadi motivasi kamu untuk semakin semangat belajar, dan pulang sudah jago Bahasa Inggris.

Jadi, sampai sini kamu bisa pertimbangkan mau belajar secara otodidak di rumah atau belajar di tempat kursus. Belajar di rumah berarti memang kamu harus punya waktu untuk mengatur semua materi yang harus kamu pelajari. Semuanya juga harus terarah. Hanya, biasanya kalau di rumah nggak bakalan ada tutor atau partner untuk speak up.

Sedangkan kalo belajar di tempat kursus, walaupun kamu bayar tapi tetep kelihatan hasilnya. Pastikan kalau tempat kursus itu punya reputasi yang baik, minimal ada native speaker yang siap bikin kamu belajar makin semangat!

 

Tinggalkan Balasan